Bisnis, Marketing

Pengertian Marketing Mix, Konsep 4P dan 7P

Marketing Mix Konsep 4P dan 7P

Apa Itu Marketing Mix?

Marketing mix merupakan konsep yang penting dalam dunia pemasaran yang mengacu pada kombinasi dari berbagai elemen yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarannya. Bauran pemasaran ini terdiri dari produk, harga, tempat (distribusi), dan promosi. Dalam istilah bahasa indonesia Marketing mix juga biasa disebut dengan bauran pemasaran. Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan suatu strategi mencampuri kegiatan-kegiatan pemasaran, agar dicari kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil yang memuaskan.

Marketing mix terdiri atas empat komponen atau disebut 4P yaitu product, price, place dan promotion. Menurut Kotler dan Armstrong. Bauran pemasaran (marketing mix) mencakup empat (4) hal pokok dan dapat dikontrol oleh perusahaan yang meliputi produk (product), harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion).

Menurut Kotler dan Keller empat variabel dalam kegiatan bauran pemasaran memiliki komponen sebagai berikut :
1. Produk: adalah kombinasi barang dan jasa perusahaan menawarkan dua target pasar.
2. Harga: adalah jumlah pelanggan harus dibayar untuk memperoleh produk.
3. Tempat: adalah mencakup perusahaan produk tersedia untuk menargetkan pelanggan.
4. Promosi: adalah mengacu pada kegiatan berkomunikasi kebaikan produk dan membujuk pelanggan sasaran. (Sumber: http://repository.stei.ac.id/)

Mengenal Konsep 4P

Produk (Product): Mendefinisikan apa yang ditawarkan

Elemen pertama dari konsep 4P adalah produk, yang mencakup segala sesuatu yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pelanggan. Ini termasuk kualitas, fitur, manfaat produk, serta strategi branding dan pengembangan produk.

Harga (Price): Menilai dan menetapkan harga yang tepat

Harga adalah faktor penting dalam marketing mix yang mempengaruhi permintaan dan profit perusahaan. Strategi penetapan harga seperti cost-based, competitor-based, dan value-based perlu dipertimbangkan dengan cermat.

Tempat (Place): Memastikan produk tersedia bagi konsumen

Tempat atau distribusi melibatkan kegiatan yang terkait dengan mengantarkan produk dari produsen ke konsumen. Pemilihan saluran distribusi, lokasi penjualan, serta strategi logistik perlu diperhatikan.

Promosi (Promotion): Mengkomunikasikan nilai produk kepada konsumen

Promosi adalah cara untuk mengkomunikasikan nilai produk kepada konsumen melalui berbagai strategi pemasaran seperti iklan, media sosial, dan public relations. Tujuannya adalah untuk membangun kesadaran merek dan mendorong pembelian.

Evolusi 4P Menjadi 7P: Memasuki Era Baru Pemasaran

Dengan perkembangan pasar yang dinamis, konsep 4P telah berkembang menjadi konsep 7P dengan penambahan tiga elemen tambahan.

Memahami Konsep 7P:

People (Orang): SDM sebagai penggerak suksesnya pemasaran

Elemen people mencakup semua individu yang terlibat dalam proses pemasaran, termasuk karyawan, manajemen, dan konsumen. Rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan kompetensi tim pemasaran menjadi kunci keberhasilan.

Process (Proses): Sistematisasi alur kerja yang efektif

Proses adalah elemen yang mengatur alur kerja yang efektif dalam menyediakan produk atau jasa kepada pelanggan. Standarisasi operasional dan peningkatan efisiensi menjadi fokus dalam pengelolaan proses.

Physical Evidence (Bukti Fisik): Membangun pengalaman nyata

Physical evidence melibatkan semua bukti fisik atau tangibel yang mendukung kualitas produk atau jasa, seperti desain kemasan, lingkungan toko, dan materi pemasaran. Hal ini membantu membangun pengalaman positif bagi pelanggan.

Baca Juga: Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Terbaik

Memilih Kombinasi 4P atau 7P yang Tepat

Dalam memilih kombinasi 4P atau 7P yang tepat, perusahaan perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti jenis produk, pasar, dan tujuan pemasaran yang ingin dicapai.

Contoh penerapan konsep Marketing Mix 7P pada sebuah perusahaan yang menjual baju muslim

Product

Perusahaan baju muslim menawarkan berbagai jenis pakaian muslim, mulai dari gamis, hijab, koko, hingga mukena. Mereka juga menyediakan aksesori seperti kerudung, sarung tangan, dan ikat pinggang yang sesuai dengan gaya busana muslim.

Price

Harga yang ditawarkan oleh perusahaan baju muslim ini bersaing dengan harga di pasar sejenis. Mereka menetapkan harga berdasarkan bahan, desain, dan ukuran produk. Harga yang terjangkau tetapi tetap mempertahankan kualitas menjadi fokus utama.

Place

Perusahaan memiliki toko fisik yang strategis terletak di pusat perbelanjaan atau pusat bisnis lokal yang mudah diakses oleh konsumen. Selain itu, mereka juga memiliki platform e-commerce yang memungkinkan konsumen untuk membeli produk secara online dan menikmati pengiriman ke rumah.

Promotion

Untuk mempromosikan produknya, perusahaan menggunakan berbagai saluran pemasaran. Mereka aktif di media sosial dengan membagikan konten-konten menarik tentang fashion muslim, mengadakan event promosi di toko fisik, dan berpartisipasi dalam acara pameran atau bazaar untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

People

Karyawan di toko perusahaan ini dilatih untuk memberikan pelayanan yang ramah dan informatif kepada pelanggan. Mereka memiliki pengetahuan yang baik tentang produk yang dijual dan dapat membantu pelanggan memilih pakaian yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Process

Proses pembelian di toko fisik maupun secara online diatur sedemikian rupa untuk memberikan pengalaman yang nyaman bagi pelanggan. Mulai dari proses pemesanan yang mudah, pembayaran yang fleksibel, hingga pengiriman yang cepat dan aman.

Physical Evidence

Toko fisik perusahaan ini didesain dengan estetika yang sesuai dengan tema busana muslim, menciptakan suasana yang menyenangkan dan nyaman bagi pelanggan. Kemasan produk juga dirancang dengan baik dan menarik, mencerminkan kualitas dan kesan yang ingin dihadirkan oleh perusahaan kepada konsumen.

Dengan menerapkan Marketing Mix 7P secara efektif, perusahaan baju muslim dapat memberikan nilai tambah kepada pelanggan, meningkatkan kepuasan konsumen, dan memperkuat posisinya di pasar fashion muslim.

Kesimpulan Marketing Mix

Penerapan marketing mix yang tepat dapat membantu perusahaan untuk meraih keunggulan kompetitif di pasar. Pentingnya memahami dan menerapkan bauran pemasaran ini tidak boleh diabaikan, terutama di era digital yang serba cepat ini.

FAQ: Marketing Mix untuk Pebisnis Sukses

  1. Apakah marketing mix hanya berlaku untuk perusahaan besar?
    Tidak, konsep marketing mix dapat diterapkan oleh perusahaan dari berbagai skala dan industri.
  2. Mengapa penting untuk memperhatikan semua elemen dalam marketing mix?
    Setiap elemen dalam marketing mix saling terkait dan mempengaruhi keseluruhan strategi pemasaran perusahaan.
  3. Bagaimana cara menentukan harga yang tepat untuk produk atau jasa?
    Penentuan harga yang tepat melibatkan analisis pasar, biaya produksi, dan strategi bersaing.
  4. Apakah marketing mix selalu konstan atau bisa berubah?
    Marketing mix dapat berubah sesuai dengan perubahan dalam pasar atau kebutuhan pelanggan.
  5. Apakah marketing mix hanya berlaku untuk produk fisik atau juga berlaku untuk jasa?
    Marketing mix dapat diterapkan baik untuk produk fisik maupun jasa, dengan penyesuaian yang sesuai dengan karakteristik masing-masing.

Related Posts