Apa Bedanya Market Research VS Marketing Research?

Market Research VS Marketing Research

Share

Market Research VS Marketing Research

Market research dan marketing research seringkali dianggap sama, namun sebenarnya memiliki perbedaan yang signifikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang apa itu market research dan marketing research, apa perbedaan di antara keduanya, serta bagaimana keduanya berinteraksi dalam dunia bisnis.

Market Research: Mengenal Pasar Anda

Market research adalah studi yang spesifik dan memberikan pemahaman tentang pasar tertentu yang mungkin tidak berlaku untuk pasar lain (Keydifferences). Penelitian ini berfokus pada lingkungan pasar secara luas dan mencakup studi tentang perilaku pembeli dalam pasar dan pasar secara keseluruhan (Qualtrics, Driveresearch).

Market research membantu perusahaan untuk:

  1. Mengidentifikasi dan memahami peluang dan tantangan yang ada di pasar.
  2. Mengidentifikasi dan memahami kebutuhan dan preferensi konsumen.
  3. Menganalisis kompetitif dan melihat bagaimana perusahaan mereka sendiri dibandingkan dengan pesaing mereka.
  4. Menentukan strategi pemasaran dan penjualan yang efektif.

Marketing Research: Strategi Pemasaran yang Efektif

Di sisi lain, marketing research adalah konsep yang lebih luas dibandingkan market research. Marketing research berfokus pada pemahaman kebutuhan dan keinginan konsumen (Olingergroup). Penelitian ini mencakup strategi pemasaran spesifik dan melihat empat Ps pemasaran: produk, harga, tempat, dan promosi. Ini termasuk namun tidak terbatas pada penelitian dan pengembangan produk, periklanan, distribusi, dan penjualan (Indeed, Questionpro).

Marketing research membantu perusahaan untuk:

  1. Mengembangkan dan mengoptimalkan produk atau layanan berdasarkan keinginan dan kebutuhan konsumen.
  2. Menentukan harga yang optimal untuk produk atau layanan mereka.
  3. Menentukan di mana dan bagaimana mereka harus menjual produk atau layanan mereka.
  4. Menentukan strategi promosi yang paling efektif untuk menjangkau konsumen mereka.

Perbedaan Utama

Perbedaan utama antara market research dan marketing research adalah fokus dan ruang lingkup mereka. Market research berfokus pada pasar sebagai keseluruhan dan perilaku pembeli dalam pasar tersebut. Sementara itu, marketing research lebih luas dan mencakup semua aspek strategi pemasaran, termasuk penelitian dan pengembangan produk, periklanan, distribusi, dan penjualan.

Baca Juga : Perencanaan Bisnis: Pengertian, Tujuan, Jenis dan Contohnya

Interaksi antara Market Research dan Marketing Research

Meskipun market research dan marketing research adalah dua hal yang berbeda, mereka tidak independen satu sama lain. Market research seringkali merupakan subset dari marketing research yang lebih luas (Wikipedia). Keduanya sangat penting untuk bisnis yang sukses karena memberikan wawasan yang berharga tentang pasar dan perilaku konsumen, yang membantu perusahaan membuat keputusan yang berdasarkan data.

Kesimpulan

Memahami perbedaan antara market research dan marketing research dapat membantu bisnis untuk lebih memahami pasar mereka, konsumen mereka, dan persaingan mereka. Ini akan mengarah pada strategi pemasaran yang lebih efektif dan hasil bisnis yang sukses. Jadi, jika Anda seorang pemilik bisnis atau seorang profesional pemasaran, penting untuk memahami perbedaan ini dan bagaimana menggunakannya dalam strategi bisnis Anda.

Artikel & Tips Terbaru Lainnya

Gabung Bersama 10.000+ Subscriber Kami!

Dapatkan Informasi Bermanfaat dan Berharga!

Kami berjanji tidak akan mengirim spam kepada Anda dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Start typing to see posts you are looking for.